Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya
Garansi adalah sebuah elemen penting yang seharusnya di
sertakan dari penjual kepada pembeli suatu barang. Hal ini dimaksudkan agar
pembeli merasa dirinya bisa mendapatkan jaminan barang yang normal tanpa ada
cacat ketika membeli produk baru terutama produk eletronik dan mesin. Seiring
dengan perkembangan zaman dan juga masiv nya adopsi teknologi terutama
smartphone, membuat model garansi menjadi bermacam macam yang akibatnya adalah
membuat bingung banyak orang, garansi mana yang harus di pilih?
Bisa kita lihat dan bandingkan, untuk POCOPHONE F1 Garansi TAM harganya adalah 4,7jt baru dan POCOPHONE F1 Garansi Distributor menjualnya dengan harga 3,7jt . Selisih harga 1jt atau sekitar 21% . Sangat fantastis bukan?
![]() |
foto : macpon.com |
Di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai Garansi
produk Smartphone yang beredar di Indonesia. Di Indonesia , hanya ada dua model garansi smartphone yang
diakui oleh mayoritas, yaitu Garansi Resmi dan Garansi Distributor
Garansi Resmi
Garansi Resmi adalah sebuah jaminan yang di berikan oleh
pemegang merk langsung atau bisa juga melalui distributor/mitra resmi yang
bekerjasama dengan merk dagang tersebut. Garansi Resmi juga mengacu pada status
peredaran barang yang resmi di negara terkait karena melalui ijin dari
pemerintahan. Sebagai contoh distributor resmi ponsel Samsung di Indonesia
adalah PT Samsung Electronic Indonesia, atau biasa kita sebut dengan SEIN. Adapula
PT Teletama Artha Mandiri yang biasa kita sebut dengan TAM. Mitra atau
distributor resmi merk ini, mendapatkan ijin untuk menjual smartphone di
Indonesia secara legal dan mendapatkan jaminan langsung dari produsen.
Keunggulan dari smartphone yang bergaransi Resmi adalah
mudahnya proses klaim garansi ketika di dapati bahwa kondisi smartphone yang di
beli dalam kondisi cacat produksi. Jadi ketika kalian membeli ponsel Samsung
dan mendapatkan garansi SEIN selama 1 tahun, maka dalam masa pemakaian tersebut
selama kalian menemukan cacat produksi, sebagai contoh microphone yang tidak
berfungsi, speaker yang bersuara pelan, layar yang bermasalah dan lain
sebagainya yang mana bukan karena kesalahan pengguna, maka kalian berhak untuk melakukan klaim garansi
ke service center terdekat.
Jadi intinya adalah, ketika kalian membeli ponsel bergaransi
resmi melalui distributor resmi, maka kalian akan selalu mendapatkan dukungan
dari distributor resmi tersebut, karena mitra/distributor resmi memiliki
hubungan kerja langsung dengan pemegang merk dagang atau produsen.
Daftar Mitra Resmi dengan Garansi Resmi
- PT Teletama Artha Mandiri (TAM) – Sony, Xiaomi, Acer, LG, iPhone
- PT Bangun Persada Tata Makmur (BPTM) - Acer
- PT Trikomsel Oke dan Mi Exclusive Service Center – Xiaomi, Lenovo
- Astech - Lenovo
- PT Samsung Electronic Indonesia (SEIN) - Samsung
- PT Datascript Indonesia - Asus
- PT Synnex Metrodata - Asus
- Setia Utama Distrindo (SUD) - LG
- PT Bintang Cemerlang – Infinix, Meizu
- PT Pelangi Mas – Infinix, Meizu
- Microsoft Mobile – Microsoft & Nokia
- PT Sinar Eka Selaras -iPhone
- PT Surya Citra Media - iPhone
Garansi Distributor
Garansi Distributor adalah garansi dari pengedar ponsel
independen, jadi jika ponsel mu mengalami kerusakan , kamu tidak akan bisa
mendapatkan penanganan dari mitra resmi produsen smartphone terkait. Hal ini
tentu akan mempersulit kamu ketika di dapati ternyata ponsel mu rusak. Kamu
tidak akan bisa melakukan reparasi di Service Center resmi milik brand terkait.
Dampak buruknya adalah kamu hanya bisa melakukan servis di toko kecil yang mana
sparepart yang ada tidak menjamin keasliannya.
Keunggulan dari smartphone dengan garansi distributor adalah
harganya yang relatif murah, karena memang garansi distributor sifatnya adalah
independen sehingga tidak ada campur tangan dari orang lain untuk
mendistribusikan barang.
Beberapa contoh distributor independen adalah WII, B-Cell, T
Cell, The One dan Platinum
Berikut adalah perbedaan harga antara Garansi Resmi TAM dan Garansi Distributor
Xiaomi POCOPHONE F1 Garansi Resmi TAM : Rp 4.699.000,- |
Xiaomi POCOPHONE F1 Garansi Distributor : Rp 3.700.000 |
Bisa kita lihat dan bandingkan, untuk POCOPHONE F1 Garansi TAM harganya adalah 4,7jt baru dan POCOPHONE F1 Garansi Distributor menjualnya dengan harga 3,7jt . Selisih harga 1jt atau sekitar 21% . Sangat fantastis bukan?
*Harga di ambil dari Tokopedia dengan mengurutkan berdasarkan ulasan pada tanggal 11 April 2019
Garansi Toko
Ini berbeda dengan garansi resmi dan juga garansi
distributor. Untuk garansi toko, biasanya diberikan kepada pembeli barang
secondhand yang mana toko menjamin bahwa barang yang dijual adalah sesuai
dengan deskripsi yang tercantum. Dan apabila terjadi perbedaan antara deskripsi
dengan kenyataan yang merugikan pembeli, maka pembeli bisa mengembalikan unit
ke toko terkait. Garansi toko ini bersifat sangat rawan, karena kita tahu
sendiri bahwa lokasi toko atau konter biasanya berpindah pindah sesuai dengan
kontrak penggunaan bangunan yang berlaku. Hal ini tentu saja mempersulit kita
dalam melakukan klaim garansi.
Sebagai contoh anda membeli Xiaomi Redmi Note 7 second dari
sebuah toko konter. Penjual mengatakan bahwa minus dari ponsel adalah tidak
bisa membaca kartu SD, lalu ketika anda gunakan selama masa garansi , misal
seminggu dan anda menemukan minus lainnya, sebagai contoh kamera tidak bisa
digunakan, maka anda bisa mengembalikan unit Redmi Note 7 tersebut ke konter
yang bersangkutan.
Garansi Personal
Garansi Personal biasanya hanya berlaku bagi orang yang
menjual dari individu ke individu atau bisa disebut dengan COD. Banyak pengguna
facebook yang menjual ponsel mereka melalui grup jual beli dan biasanya penjual
memberika garansi personal berkisar antara 1 hari hingga 3 hari dengan
melampirkan alamat sesuai tanda pengenal KTP atau SIM.
Garansi Personal ini hanyalah rekayasa dari pasar saja, dan
setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda beda
Garansi Mana terbaik?
Setelah mengetahui penjelasan diatas, tentu saja model
Garansi yang terbaik adalah Garansi Resmi, dimana kita selaku pengguna akan
tetap mendapatkan dukungan service center resmi untuk memperbaiki unit ponsel
kita ketika terjadi kerusakan pada komponen tertentu. Dan sparepart yang
disediakan juga merupakan sparepart original yang sudah tidak diragukan lagi
kualitasnya. Walaupun harga dari Garansi Resmi lebih mahal sedikit, tetapi itu
lebih baik daripada anda membeli ponsel dengan garansi distributor dan
mengalami kerusakan, nasib anda akan sangat tidak beruntung.
Komen di bawah pendapat anda mengenai garansi di Indonesia
ini!!
No comments for "Apa itu Garansi Resmi, Distributor, Toko dan Personal? Berikut penjelasannya"
Post a Comment